SOSOK Serda Ambar Ajudan Cantik Istri Gibran Jadi Sorotan, Dulu Anak Penjual Sayur Keliling

Sosok Serda Ambar Dwi Klaudiyah, ajudan istri Gibran yakni Selvi Ananda mencuri perhatian.

Baru-baru ini, sosok Serda Ambar Dwi Klaudiyah menjadi sorotan ketika mengawal Selvi Ananda.

Ajudan cantik bernama Serda Ambar Dwi Klaudiyah dulunya juga sempat mencuri perhatian saat mengawal Presiden Jokowi pada 2018 lalu.

Kini, Serda Ambar bertugas mengawal istri Gibran Rakabuming, Selvi Ananda.

Sosok Serda Ambar itupun kerap mencuri perhatian.

Parasnya yang cantik membuat publik salfok dengan sosok Serda Ambar.

Lantas, siapakah sosok Serda Ambar?

Sejak kecil, wanita kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur pada 29 Oktober 1996 ini sudah bercita-cita jadi seorang polwan.

Sayangnya, setelah lulus SMA ia gagal dalam seleksi polwan tahun 2014.

Ambar kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Muhammadiyah, Sidoarjo jurusan Akuntansi selama satu tahun.

Dia lalu mencoba kembali mengikuti seleksi penerimaan Angkatan Laut di tahun 2015 dan berhasil diterima.

Ambar menjalani pendidikan AL selama 1 tahun.

Sebelum bertugas sebagai Paspampres, Ambar pernah bertugas di bidang kesehatan di TNI Angkatan Laut.

Ia menjadi salah satu petugas di Lembaga Kedokteran Gigi TNI Al R.E Martadinata.

Kemudian, pada bulan April 2018 lalu, barulah Ambar ditugaskan sebagai Paspamres.

Menurut Ambar, bekerja sebagai Paspampres jauh lebih berat dibandingkan saat masih di bagian kesehatan TNI AL dulu.

Ambar harus mempelajari banyak ilmu bela diri dan latihan fisik yang cukup berat.

“Tantangannya banyak, tapi saya bersyukur nasib membawa saya ke sini,” katanya.

Ambar menjelaskan, ayahnya hanya bekerja sebagai pengepul. Sedangkan ibunya penjual sayur keliling.

“Bapak saya pengepul barang bekas, jadi dari pemulung dikumpulkan ke bapak, nanti bapak jual lagi. Kalau ibu saya jual sayur keliling kampung,” kata Ambar.

Saat sedang cuti dan pulang kampung, Ambar sering membantu ibunya belanja ke pasar setiap jam 1 pagi lalu ikut berjualan di depan rumah hinggga ikut keliling kampung.

Hukum Tidur Seharian saat Puasa Ramadan, Ini Penjelasannya

Sejumlah umat muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan biasanya memanfaatkan waktu luang untuk sekadar beristirahat, guna menghilangkan lelah saat bekerja.

Tapi ada juga orang yang menjalankan puasa, malah tidur seharian penuh.

Alasannya, karena bersandar pada sebuah hadis.

Beberapa waktu lalu, sempat beredar sebuah kutipan yang diklaim sebagai hadis.

Adapun kutipan itu yakni “Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Doanya adalah doa yang mustajab. Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan.”

Namun, ternyata hadis ini dhiof atau lemah.

Syaikh Al Albani dalam As Silsilah Adh Dho’ifah no. 4696 mengatakan bahwa hadits ini adalah hadits yang dhoif (lemah).

Ibnu Rajab menerangkan, “Jika makan dan minum diniatkan untuk menguatkan badan agar kuat ketika melaksanakan salat dan berpuasa, maka seperti inilah yang akan bernilai pahala.”

Sebagaimana pula apabila seseorang berniat dengan tidurnya di malam dan siang harinya agar kuat dalam beramal, maka tidur seperti ini bernilai ibadah.

Dosen UIN Raden Mas Said Surakarta, Siti Kasiyati, S. Ag. M. Ag mengatakan tujuan puasa adalah untuk mengharap pahala dengan meraih ridho Allah.

“Man shoma romadhona imanan wahtisaban ghufiro lahu maa taqoddama min dzanbih”

Artinya:

“Barang siapa yang berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, maka semua dosanya yang lalu akan diampuni.”

Dalam hadist tersebut dikatakan bahwa orang yang berpuasa jika yang dilakukan penuh keikhlasan, maka dosanya akan diampuni.

Siti mengatakan, pada bulan Ramadan, sikap ikhlas bisa ditunjukkan dengan beribadah yang meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.

“Kita memperbanyak zikir, memperbanyak sedekah, memperbanyak qiyamu-lail,” tutur Siti dalam program Tanya Ustaz Tribunnews.com.

Maka dari itu, lebih baik waktu yang dimiliki digunakan untuk hal yang bermanfaat dibanding tidur.

“Tidur itu boleh, tidurnya orang puasa katanya ibadah, tidurnya orang puasa ibadah itu kalau sekadar beristirahat,” kata dia.

Ia menjelaskan, dalam surat Al-Mukminun disebutkan bahwa satu ciri orang yang beriman itu menghindari dari hal-hal yang tidak bermanfaat.

“Mending untuk membaca buku, membaca Alquran atau aktivitas lain yang bermanfaat,” lanjut dia.

Hal itu seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah bahwa saat berpuasa, terutama pada bulan Ramadan, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan yang baik, sehingga istirahat yang secukupnya saja.

Bulan Ramadan merupakan salah satu waktu terbaik umat muslim untuk menghapus dosa dam menambah pahala.

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Dengan demikian, umat muslim dapat memanfaatkan bulan Ramadan ini untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya.

Dalam Buku Tuntunan Ibadah Pada Bulan Ramadan yang dikeluarkan Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah, dijelaskan beberapa amalan-amalan di Bulan Ramadhan.

Berikut amalan sunnah di bulan Ramadhan

1. Mengerjakan Qiyamul-Lail

Menerjakan qiyamul-lail di malam hari saat bulan Ramadan sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

“Barangsiapa mengerjakan qiyam (shalat) Ramadan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Salah satu Qiyamul Lail yang biasa dilakukan di bulan ramadhan ini yakni salat tarawih dan salat witir.

Umat Muslim bisa melakukan salat sunnah tersebut selain salat lain seperti dhuha dan juga tahajud.

2. Memperbanyak shadaqah

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam lebih banyak lagi melakukan kebaikan di bulan Ramadhan. Beliau memperbanyak sedekah, berbuat baik, membaca Alquran, salat, zikir dan itikaf.”

3. Mempelajari Alquran

“Dari Ibnu Abbas r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah saw adalah orang yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadhan, ketika ditemui oleh Malaikat Jibril pada setiap malam pada bulan Ramadhan, dan mengajaknya membaca dan mempelajari Alquran. Ketika ditemui Jibril, Rasulullah adalah lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan.” (Muttafaq ‘Alaih)

4. Memperbanyak iktikaf

“Dari Ibnu Umar r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah saw selalu beriktikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan.”

MAN UNITED Tawarkan Gaji Supermewah ke Kylian Mbappe, Real Madrid Tetap Dihatinya

Manchester United dikabarkan sempat mencoba membajak transfer Kylian Mbappe ke Real Madrid dengan tawaran supermewah.

Namun, usaha itu menemui kegagalan karena sang pemain sudah mantap pindah ke klub ibu kota Spanyol.

Kylian Mbappe hampir dipastikan pindah ke Real Madrid pada jendela transfer musim panas 2024.

Pasalnya, Mbappe dikabarkan telah menandatangani kontrak dengan Los Blancos.

Hal itu dilakukan Mbappe karena kontraknya di PSG tersisa kurang dari enam bulan lagi.

Marca mengeklaim kapten timnas Prancis meneken kontrak berdurasi lima tahun di Real Madrid.

Itu artinya, Kylian Mbappe akan berseragam Real Madrid hingga Juni 2029.

Media asal Spanyol itu juga membeberkan besaran gaji yang didapatkan Mbappe bersama Real Madrid.

Penyerang berusia 25 tahun itu diklaim akan menerima upah bersih senilai 15-20 juta euro per tahun.

Nominal tersebut memang tampak kecil apabila dibandingkan dengan gaji tahunannya di PSG yang disebut mencapai 72 juta euro.

Namun, perlu diingat bahwa angka tersebut belum termasuk bonus.

Pemasukan Mbappe di Real Madrid diperkirakan bakal lebih dari 50 juta euro jika termasuk bonus.

Belum lagi, Mbappe akan mendapatkan bonus tanda tangan kontrak dari El Real sebesar 150 juta euro.

Sebelum menandatangani kontrak dengan Real Madrid, Mbappe ternyata sempat didekati oleh Manchester United.

Kabar tersebut diungkapkan oleh OK Diario.

Menurut laporan tersebut, Man United menyodorkan tawaran menggiurkan untuk eks penyerang AS Monaco itu.

Setan Merah menawarkan Kylian Mbappe gaji sebesar 500 juta euro selama kontrak lima tahun plus bonus penandatanganan 200 juta euro.

Namun, Mbappe sama sekali tak tergiur dengan proposal tersebut dan memilih melanjutkan negosiasinya dengan Real Madrid.

Mbappe memang sudah sejak lama ingin bergabung dengan Real Madrid.

Hanya, ada beberapa faktor yang membuat dirinya menolak tawaran kolektor 35 trofi Liga Spanyol itu di masa lalu.

Mbappe nyaris bergabung ke Real Madrid pada 2022 ketika kontraknya hampir berakhir.

Namun, sang pemain kemudian berubah pikiran dan memutuskan memperbarui kontraknya di PSG.

Kini, Mbappe hanya tinggal selangkah lagi untuk mewujudkan mimpinya berkostum Real Madrid.

TUDUH Prabowo-Gibran Curang, Bawaslu Tegaskan Belum Temukan Pelanggaran: Harus Bisa Dibuktikan

Kecurangan yang diteriaki Paslon Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin belum ditemukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Bawaslu RI yang menangani pelanggaran Pemilu sampai hari ini belum menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan Paslon secara sistematis dan masif.

Dua kubu itu memang paling ngotot menyebutkan Pilpres 2024 berlangsung dengan curang.

Pilpres yang menghasilkan keunggulan Prabowo-Gibran, dicap sebagai Pemilu paling buruk bagi kubu yang kalah.

Ketua Bawaslu RI, Rahmat Bagja menegaskan bahwa hingga kini pihaknya belum menemukan adanya pelanggaran pemilu yang terstruktur, sistematis, dan masif.

Pernyataan Rahmat Bagja tersebut disampaikan dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Minggu (25/2/2024).

Ia menjelaskan, hal yang harus dibuktikan mengenai adanya pelanggaran terstruktur, sistematis dan masif adalah apakah ada perintah tertulis hingga pembuktian pidana.

“Namun, kita akan lihat misalnya apa yang dilakukan, ada command responsibility, ada perintah tertulis, ada kemudian terbukti pidananya, itu yang harus dibuktikan dalam pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif,” bebernya.

Hingga saat ini, kata Bagja, pihaknya belum menemukan adanya temuan maupun laporan tentang hal itu.

“Sampai sekarang belum ada, laporan sampai sekarang belum ada, temuan juga demikian. Saya bilang belum ada ya, bukan tidak ada,” katanya.

“Kemudian ada tentang pengerahan kepala desa misalnya. Apakah kemudian ada perintah, yang harus dibuktikan dan yang namanya alat bukti kan harus precise (tepat),” tambah Bagja.

Hal-hal itu, lanjut Bagja, termasuk harus jelas siapa yang memerintahkan jika ada yang memerintah, kemudian pembuktiannya.

“Ada dan bagaimana, dan ada siapa yang memerintahkan. Aparat negara siapa aparat negaranya, buktinya seperti apa, bagaimana pembuktiannya,” ujarnya.

Bagja kemudian menjelaskan mengenai empat kategori pelanggaran pemilu, yakni pelanggaran administrasi, pelanggaran tindak pidana pemilu, pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu, dan pelanggaran hukum lainnya.

Mengenai kecurangan, lanjut Bagja, harus dapat dibuktikan bahwa terstruktur, sistematis, dan masif,

“Itu pembuktiannya harus clear, precise, jadi nggak boleh apa, ada misalnya dalam pelanggaran TSM di Bawaslu, kalau nggak salah Perbawaslu nomor 7 atau nomor 8 tentang pelanggaran TSM, misalnya kuantifikasinya 50 persen,” katanya.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari memberikan penjelasan terkait tudingan telah ikut melakukan kecurangan dalam Pilpres 2024.

Video Qodari pada tahun 2023 yang menyebut paslon Ganjar-Mahfud meraih 16 persen suara menjadi pergunjingan.

Warganet menilai Qodari telah melakukan rekayasa hasil Pilpres 2024. Namun kenyataannya, semua tudingan itu tidak benar.

Tudingan itu datang dari pendukung 01 dan 03 yang mengedit video Qodari.

Saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (24/2/2024), Qodari memberikan penjelasan panjang lebar.

Menurut Qodari, potongan video yang beredar di X (dulu) Twitter, yang memuncaki trending topik Indonesia dalam beberapa hari ini terkait tuduhan konspirasi melakukan desain kecurangan pemilu, adalah tidak benar.

Potongan video berdurasi 0:33 menit yang dikonfirmasi sebagai fitnah itu beredar dalam sebuah unggahan di medsos X.

Video itu sudah dipotong-potong, dihilangkan konteksnya dan diberi caption, “Rapat internal bocor, 5 Januari hasil pemilu sudah diketahui angka nya, kok bisa ya.”

Dalam potongan video viral itu, Qodari menyebutkan perolehan suara paslon capres dengan presentasi suara 01 Anies-Muhaimin 27 persen, dan 03 Ganjar-Mahfud 16,9 persen.

Video ini kemudian viral dan dirinya disebut menjadi bagian dari desain kecurangan pada hasil Pilpres 2024.

Qodari menegaskan bahwa video yang beredar tersebut sebenarnya adalah saat acara diskusi Pilpres 2024 untuk wilayah DKI Jakarta yang diadakan Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran pada tanggal 5 Januari 2024 lalu.

“Tanggal 5 Januari 2024 saya diundang TKD Prabowo Gibran Jakarta, saya membuka diskusi dengan membacakan hasil-hasil survei pilpres di wilayah DKI Jakarta dari Polling Institute hasil temuan survei 15-19 Desember 2023,” kata Qodari saat dikonfirmasi wartawan Sabtu (24/2/2024).

Qodari menyampaikan kebetulan angka suara paslon capres-cawapres khususnya nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD saat presentasi survei Pilpres di DKI Jakarta mirip hasilnya dengan hasil real count nasional.

“Survei yang muncul di video itu sebenarnya temuan survei untuk wilayah DKI Jakarta saja. Bukan survei nasional. Eh kok kebetulan pas dengan angka Ganjar-Mahfud di tingkat nasional yang cuma 16,9 persen,” ujar dia.

“Jadilah orang-orang ini pada temper tantrum dan bilang ini kecurangan,” imbuhnya.

Tidak hanya menjadi pergunjingan di X, Qodari juga menyampaikan video hoaks itu juga telah menyebar ke group-group WhatsApp secara masif.

“Viral tuh baik di WA (WhatsApp) maupun juga di X (Twitter) disebut-sebut saya ini menjadi bagian dari desain kecurangan, itu tidak benar dan fitnah,” ucapnya.

Menurut Qodari, video fitnah itu diduga dijadikan alat untuk menguatkan tuduhan konspirasi kecurangan Pilpres 2024 yang memenangkan paslon 02 Prabowo-Gibran.

Untuk itu, Qodari kembali memastikan bahwa video yang diunggah dari akun X @Yurissa_Samosir yang telah ditonton 1,8 juta itu adalah berita bohong atau hoaks dan fitnah.

“Jadi Yurissa Samosir ini fitnah karena menyamakan data hasil survei di DKI Jakarta dengan real count se-Indonesia,” ucapnya.

Lanjut Qodari menjelaskan ada dua kekeliruan dari video yang beredar itu, pertama terkait kesalahan kutip yang seharusnya data untuk DKI Jakarta namun dinarasikan hasil suara secara nasional.

“Jadi di situ ada dua kesalahan. Pertama, itu bukan data nasional yang saya kutip, itu data DKI Jakarta bukan data nasional. Data dari mana, datanya survei Polling Institute data nasional di breakdown untuk DKI,” ucap dia.

Kedua, kata Qodari, dirinya tidak mungkin melakukan konspirasi, pasalnya kegiatan itu digelar secara terbuka dan tidak dilakukan dalam ruang yang tertutup.

“Kedua kesalahannya itu, manipulasi itu fitnah sebetulnya menyebut saya desain konspirasi segala macam tidak ada konspirasi di sini ini semua seperti yang saya bilang adalah pilihan rakyat, evaluasi rakyat dan acaranya bukan acara konspirasi sama sekali, wong itu acara pertemuan terbuka kok,” ucapnya.

“Di acara TKD nggak mungkin ngomongin konspirasi, gak mungkin ngomong konspirasi di rapat terbuka segala macam, makanya video beredar itu bisa dilihat seperti seminar umum gitu loh, bukan kasak-kusuk di ruang tertutup,” lanjutnya.

Lebih lanjut Qodari menerangkan, video itu telah dipotong dan diedit dengan tujuan melakukan framing melakukan kecurangan.

Dia mengatakan bahwa hasil Pilpres 2024 ini merupakan murni suara rakyat tidak ada unsur rekayasa seperti dituduhkan oleh pihak-pihak yang kalah.

“Semua pilihan ini adalah real dari masyarakat gitu loh. Ini klarifikasi aja ya karena ini saya kan di frame melakukan kecurangan atau menjadi bagian dari kecurangan itu,” paparnya.

“Kalau misalnya betul-betul ini kecurangan ngapain itu Anies-Muhaimin saya kasih angka 27 persen, sementara rata-ratanya 24 persen kayak sekarang, tanggung amat, jadi tanggal 5 Januari itu harusnya saya sudah ngomong 24 persen supaya tambah yakin. Jadi ini hanya kebetulan, sejarah saja,” imbuhnya.

Dijelaskan Qodari, video presentasinya tersebut telah kehilangan konteks karena dipotong-potong dan dilakukan editing oleh oknum dengan tujuan menyebarkan hoaks.

“Nah itulah, jadi karena ini dipotong-potong akhirnya kehilangan konteks,” ujar Qodari.

Qodari menilai selama ini sejumlah analisis, teori dan prediksinya selalu mendekati kenyataan seperti halnya prediksi pilpres sekali putaran.

Sehingga, Qodari menduga pihak yang menuduhnya curang itu melakukan otak-atik data seakan-akan melakukan konspirasi.

“Jadi kenapa saya dituding konspirasi dalam acara tanggal 5 Januari itu karena saya biasanya ngomong itu kejadian padahal sebetulnya itu bukan konspirasi sama sekali,” ungkapnya.

“Jadi istilahnya mereka itu istilahnya otak-atik gatuk mengait-kaitkan dua data atas peristiwa yang sebenarnya nggak ada hubungannya,” pungkas Qodari.

Sebelumnya, Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun dengan nada tinggi menuding peneliti Indo Barometer M Qodari sebagai pengecut, karena tidak berani terang-terangan dan mendeklarasikan diri sebagai bagian dari tim sukses (timses) pasangan calon (paslon) 02 Prabowo-Gibran dan seakan berlindung dibalik sikap independen.

Karenanya Refly yang mengaku bagian timses paslon 01 Anies-Cak Imin, meminta Qodari tidak bersembunyi dibalik sikap netral namun ternyata disebutnya bagian dari konspirasi dalam menyatakan pendapatnya soal dugaan kecurangan Pemilu 2024.

Hal itu diungkapkan Refly Harun langsung kepada M Qodari, saat keduanya hadir dalam acara Dialog Spesial Rakyat Bersuara: Suara Rakyat vs Sirekap yang ditayangkan Inews TV, Senin (20/2/2024).

Semprotan Refly Harun berawal saat ia membeberkan sejumlah indikasi kecurangan Pemilu 2024 yang disiapkan jauh sebelum pencoblosan,

Refly menduga perhitungan suara melalui aplikasi Sirekap yang dibuat KPU sudah di setting dengan algoritma sedemikian rupa untuk memenangkan paslon tertentu yang kemudian diperkuat dengan penghitungan manual.

Ia juga menjelaskan ada aduan anggota KPPS yang menyebut bahwa sebelum pukul 13.00 WIB, atau pencoblosan berakhir sudah ada data jumlah suara data Pilpres 2024 di Sirekap dari TPS di Pulau Jawa dan Sumatera.

“Padahal penghitungan suara di TPS belum dilakukan,” katanya.

Refly Harun juga menyebut soal penyewaan tempat stadion dan perlatan untuk pidato kemenangan Paslon 2 pada 14 Februari 2024, dua hari sebelumnya.

“Karena itulah kemudian, kita menduga bahwa ada sebuah disain, untuk menentukan dulu hasil pemilunya,” kata Refly.

Mendengar penjelasan Refly Harun, M Qodari yang diberi kesempatan bicara membela paslon 02.

“Pertama soal bahwa sudah siapkan acara deklarasi atau perayaan dan sudah pesan perlengkapan, itu jawabannya gampang sekali. Bahwasanya kita sudah lihat indikasi hasil survei dan analisa lainnya 02 akan menang. Sebaliknya, kalau 01 tidak siapkan band dan perlengkapan lainnya, 01 dia perkirakan akan kalah, begitu kan?,” tutur Qodari.

Refly Harun pun langsung memotong dan mempertanyakan apakah Qodari ini tim sukses 02 atau ahli.

“Qodari ini Timses 02 atau ahli sih sebenarnya? Terus terang dong. Kalau saya jujur, saya timses 01,” kata Refly Harun.

“Anda timses 02 atau Anda bagian dari konspirasi itu, konsisten dong,” tegas Refly Harun.

Selama Refly Harun mempertanyakan hal itu, Qodari menyebut hal itu tidak penting.

“Ga penting, ga penting,” ujar Qodari.

Refly Harun lalu kembali menegaskan kepada Qodari dengan nada lebih tinggi untuk jujur dan berani mengakui bahwa ia bagian dari 02.

“Jangan Anda membela 02 tapi tidak berani deklarasi bagian dari 02. Jantan dong, jadi orang jangan pengecut,” semprot Refly Harun.

Qodari lalu menjawab bahwa semua orang tahu bahwa dia adalah ketua Gerakan Sekali Putaran.

“Semua orang tahu saya ketua gerakan sekali putaran, semua orang tahu. berarti anda kurang gaul,” kata Qodari.

“Ya harus dibedakan dong, itu bisa saja hanya omon-omong, bilang itu ormas. Tapi deklarasi dan bilang saja sebagai bagian 02,” kata Refly Harun.

“Saya tanya anda,. Omong dong,” ujar Refly.

“Saya ini analis dan peneliti,” timpal Qodari.

Refly Harun lalu berdiri dan kembali menegaskan dengan lantang.

Ia meminta Qodari jangan berpura-pura netral dan independen, namun ternyata bagian dari konspirasi.

“Anda pengamat, Anda ahli berpura-pura independen, tetapi dia menjadi bagian dari konspirasi itu, itu yang saya tentang. Karena itu saya Refly Harun berani mengatakan bagian dari 01. Saya jujur, tidak main belakang, main di depan,” teriak Refly Harun, lalu kembali duduk.

Pada Pilpres 2024 ini, Refly Harun sejak jauh hari dengan tegas menyebut dirinya merupakan bagian dari timses 01 dan tak berpura-pura netral.

Meskipun dirinya adalah ahli hukum Tata Negara dan juga pengamat politik.

Potongan pernyataan Refly Harun yang menyemprot Qodari kemudian beredar di media sosial.

Sejumlah netizen kemudian mengkritik Qodari yang dianggap selalu berpura-pura netral dan independen namun ternyata bagian dari tim pendukung Prabowo-Gibran.

KUA Bakal Jadi Tempat Pernikahan Semua Agama Mulai Tahun Ini, Berikut Syaratnya, Gratis!

Kantor Urusan Agama (KUA) bakal jadi tempat menikah semua agama mulai tahun ini.

Mulai tahun ini, KUA bakal menjadi tempat pernikahan semua agama di Indonesia.

Kementerian Agama (Kemenag) berencana menjadikan KUA sebagai tempat pernikahan semua agama di Indonesia, mulai tahun ini.

Selama ini, KUA berfungsi sebagai tempat pencatatan pernikahan umat Islam.

Sedangkan pencatatan nikah agama lain dilakukan di Kantor Pencatatan Sipil.

Padahal, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, pencatatan pernikahan seharusnya menjadi urusan Kemenag.

“Kita sudah sepakat sejak awal bahwa KUA ini akan kita jadikan sebagai sentral pelayanan keagamaan bagi semua agama.

KUA bisa digunakan untuk tempat pernikahan semua agama,” ucap Yaqut, dilansir Tribun-medan.com dari Kompas.com, Minggu (25/2/2024).

Kantor Urusan Agama merupakan instansi terkecil dari Kemenag yang berada di tingkat kecamatan.

KUA bertugas membantu melaksanakan sebagian tugas Kantor Kementerian Agama Kabupaten, terutama di bidang urusan agama Islam di wilayah kecamatan.

Dengan mengembangkan fungsi KUA sebagai tempat pencatatan pernikahan agama selain Islam, Menag berharap data-data pernikahan dan perceraian dapat lebih terintegrasi.

Bukan hanya tempat pencatatan pernikahan, aula-aula di KUA juga diharapkan dapat digunakan menjadi tempat ibadah sementara bagi non-Muslim yang masih kesulitan mendirikan rumah ibadah.

“Bantu saudara-saudari kita yang non-Muslim untuk bisa melaksanakan ibadah yang sebaik-baiknya,” tutur Yaqut.

“Tugas muslim sebagai mayoritas yaitu memberikan perlindungan terhadap saudara-saudari yang minoritas, bukan sebaliknya,” imbuhnya.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan, KUA sebagai pusat layanan lintas keagamaan akan diluncurkan pada 2024.

“Tahun ini pula segera kami launching KUA sebagai pusat layanan keagamaan lintas fungsi dan lintas agama,” ujar Kamaruddin.

Dia menambahkan, pihaknya akan menyulap KUA selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah binaan Direktorat Bimas Islam menjadi tempat layanan keagamaan bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Meskipun hanya terbentuk di 5.917 kecamatan, tetapi melayani masyarakat yang tersebar di 7.277 kecamatan,” paparnya.

Dilansir dari Kompas.com, melaksanakan pernikahan di KUA tidak dipungut biaya apa pun atau gratis.

Namun, dengan syarat harus dilakukan pada hari kerja dan jam operasional KUA, yakni Senin sampai Jumat pukul 08.00–16.00 waktu setempat.

Sebaliknya, jika akad nikah dan pencatatan pernikahan digelar di luar KUA, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 600.000.

Biaya tersebut masuk ke kas negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kementerian Agama, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 Tahun 2014 tentang PNBP.

Pencatatan pernikahan gratis juga berlaku untuk umat non-Islam di Kantor Pencatatan Sipil.

Pencatatan nikah tak dipungut biaya sebelum melewati batas maksimal waktu pelaporan, yaitu 60 hari.

Kapolres Humbang Beri Pengamanan Maksimal Kunjungan Sejumlah Menteri, Kapolda Sumut Turut ke Pollung

Polres Humbahas melaksanakan pengamanan kunjungan kerja Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI Nani Hendiarti bersama rombongan yang didampingi oleh Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi bersama Para Pejabat Utama Polda Sumatera Utara di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan, Jumat (23/02/2024).

Turut hadir dalam kegiatan kunjungan tersebut Deputi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Nani Hendiarti, Asdep Bidang Pertanian Ketahanan Pangan dan Inovasi Ida Dwinilasari, SH., MH., Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, Bupati Pakpak Barat, Franc Tumanggor, Anggota DPRD Prov. Sumut JTP Hutabarat, Ketua kelompok pengembangan kawasan pertanian, biro perencanaan Dr. Lim Mucharam, SP., MP. , Wakil rektor bidang kemitraan, Inovasi dan Kewirausahaan Humasak Tomy Simanjuntak, ST., M.ISD, PT Indofood Fortuna Makmur, PT Calbee Wings Food, Dirut PT Hortikultura, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi bersama PJU Polda Sumatera Utara dan disambut langsung oleh AKBP Hary Ardianto SH SIK MH selaku Kapolres Humbahas.

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH menjelaskan bahwa pada saat melaksanakan rapat persiapan bersama Forkopimda Humbahas pada hari Rabu, 21 Februari 2024 direncanakan Menko Marves RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan didampingi Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, SE., MSc., Ph.D akan berkunjung di wilayah Humbahas.

Kemudian pada saat kegiatan di Hari Jum’at 23 Februari 2024 hasil informasi bahwasanya rencana kunjungan kerja Menko Marves RI dan Menkeu RI resmi ditunda dan diwakilkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI.

“Kunjungan Pak Menko Marves Jendral (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Keuangan RI Sri Mulyani hari ini resmi ditunda, namun tetap di laksanakan kegiatan peninjauan yang diwikilkan oleh Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI Nani Hwendiarti,” Jelas AKBP Hary.

Kegiatan kunjungan Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI bersama rombongan dalam hal melakukan panen kentang dan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama ( NKB ) di Desa Ria-Ria Pollung serta melakukan Peninjauan lapangan, gedung riset TSTH2 serta berdiskusi di Desa Aek Nauli II Pollung.

Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI bersama rombongan tiba di wilayah kab humbahas pada pukul 11:00 wib dan langsung menuju lokasi pemanenan kentang dan gedung riset TSTH2 untuk melakukan diskusi serta penandatanganan nota kesepakatan bersama (NKB).

Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SH SIK MH juga menjelaskan, Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung juga ikut serta turun mendampingi Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI bersama rombongan untuk melakukan kunjungan ke wilayah Humbahas.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSi bersama Dir Pam Obvit Polda Sumut Kombes Pol Parhorian Lumban Gaol mendampingi Deputi Menko Marves RI sekaligus melakukan peninjauan laporan tahap 1 dan persiapan pembangunan TSTH2 tahap 2, kemudian Meninjau laporan perkembangan TSTH2 tahap 2, Rencana pemanfaatan TSTH2 dan perkembangan KHDTK serta untuk Penyediaan bibit di TSTH2.

“Pak Kapolda Sumut bersama rombongan tiba duluan di wilayah Kab Humbahas dengan men ggunakan heli, dan langsung meninjau laporan tahap 1 dan persiapan pembangunan TSTH2 tahap 2, kemudian Meninjau laporan perkembangan TSTH2 tahap 2, Rencana pemanfaatan TSTH2 dan perkembangan KHDTK serta untuk Penyediaan bibit di TSTH2 sembari menunggu Deputi Menko Marves RI bersama rombongan tiba di Kab Humbahas,”ujar Kapolres.

Selama berlangsungnya pengamanan kunjungan kerja Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves RI serta Kapolda Sumatera Utara saat tiba dan begerak ke lokasi kunjungan berikutnya ke wilayah Toba tidak ada ditemukan kejadian gangguan Kamtibmas di wilayah Humbahas.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan aman dan lancar. Pengamanan Polres Humbahas dilakukan secara terbuka dan tertutup mulai dari kedatangan, sampai rombongan bertolak ke lokasi berikutnya ke kabupaten Toba untuk meninjau perkembangan Venue F1H20.”
Dan seluruh rangkaian kegiatan pengamanan, kami lakukan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP),”tutup AKBP Hary.

Caleg PPP Bangkalan Ngamuk di Kantor Kecamatan Gegara Kesal Suara Berkurang

Caleg PPP Sampang ngamuk di Kantor Kecamatan.

Jakarta – Caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sonhaji, mengamuk di Kantor Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Dia mengamuk karena merasa perolehan suara miliknya turun drastis dari perolehan awal.
Dilansir detikJatim, Sabtu (24/2/2024), Sonhaji mengamuk di hadapan para petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Aksinya itu terekam video sejumlah pendukungnya yang turut mendatangi kantor kecamatan yang juga menjadi sekretariat PPK Kwanyar.

Pria yang masih aktif sebagai anggota Komisi D DPRD Bangkalan ini datang bersama puluhan pendukungnya kemudian melakukan aksi di depan kantor kecamatan. Tidak lama kemudian mereka bertemu dengan 5 anggota PPK Kwanyar.

“Saya ingatkan jangan sekali-kali mengubah perolehan suara DPRD Bangkalan, karena kalian akan berhadapan dengan saya dan nyawa taruhannya,” kata Sonhaji, Jumat (23/2).

Sonhaji yang duduk berhadapan dengan 5 anggota PPK itu sempat emosi dan menggebrak meja. Dia kesal karena suaranya turun drastis dari perolehan awal. Ia meminta agar tidak ada penggeseran suara terutama yang berkaitan dengan perolehannya.

“Jangan pernah menggeser suara Sonhaji,” imbuhnya.

Simak selengkapnya di sini.

(fas/fas)

Telkomsel Gaet Operator Komunikasi Global Rilis Program Hadiah Telko Lintas Batas Pertama di Dunia

Singtel, AIS, Globe, HKT, Optus, Taiwan Mobile, dan Telkomsel telah membentuk sebuah Aliansi untuk meluncurkan program hadiah telko lintas batas yang pertama di kawasan Asia-Pasifik, dengan tujuan untuk memberikan nilai lebih kepada pelanggan saat mereka bepergian ke Singapura, Thailand, Filipina, Hong Kong, Australia, Taiwan, atau Indonesia.

Program ini memungkinkan pelancong untuk mengumpulkan dan menggunakan hadiah, mengklaim dan menebus penawaran unik untuk transportasi, makanan, barang dagangan, layanan, dan menikmati insentif lainnya ketika mereka bepergian ke salah satu dari destinasi tersebut.

Pelancong juga dapat mengakses layanan pelanggan dari operator telekomunikasi mereka melalui panggilan atau online tanpa tambahan biaya saat berada di luar negeri.

Program ini, yang akan secara bertahap diluncurkan pada paruh kedua tahun 2024, akan memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah mengakses dan menebus manfaat dan nilai tambah dari aplikasi telekomunikasi digital mereka saat bepergian secara seamless.

Anna Yip, Chief Executive Officer Business Development Singtel, mengatakan, “Kami menghargai loyalitas pelanggan kami dan ingin meningkatkan pengalaman bepergian mereka. Dengan program hadiah yang unik dan saling menguntungkan ini, pelanggan kami dapat mengakses hadiah dan penawaran lokal yang menarik ketika mereka mengunjungi salah satu destinasi Aliansi. Untuk turis mancanegara, kami membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan nilai terbaik saat menjelajahi Singapura, sehingga memperkuat posisi Singapura sebagai tujuan yang ikonik. Kami memulai dengan mitra regional kami, tetapi berencana untuk memperluas program ini untuk mencakup koridor perjalanan kunci dan tujuan populer secara global, sehingga pelanggan kami akan memiliki lebih banyak peluang dan pengalaman baru untuk dinikmati saat mereka berada di luar negeri.”

Pratthana Leelapanang, Chief Consumer Business di AIS, mengatakan, “Kerja sama dalam proyek ini menandai tonggak sejarah global yang signifikan, karena penyedia layanan telekomunikasi utama di wilayah Asia bersatu untuk meningkatkan pelayanan pelanggan lintas batas dengan konsep program hadiah telekomunikasi lintas batas pertama di dunia. Ini menetapkan standar baru dalam industri telekomunikasi, dengan tujuan meningkatkan pengalaman tertinggi dan hak istimewa eksklusif bagi pelanggan AIS saat bepergian dan menggunakan layanan dari jaringan mitra di enam destinasi. Demikian pula, pelanggan dari jaringan mitra ini, ketika bepergian ke Thailand dan memilih layanan AIS, akan menerima hak istimewa khusus yang disiapkan oleh AIS, serupa dengan menjadi pelanggan AIS. Kerja sama ini mencerminkan komitmen kami untuk terus memberikan perhatian kepada pelanggan melalui pengalaman yang luar biasa bahkan ketika mereka bepergian ke luar negeri, sambil juga memberikan peluang untuk mempromosikan dan memperkuat industri pariwisata di setiap destinasi.”

Darius Delgado, Head of Consumer Mobile Business Globe, mengatakan, “Sebagai merek yang berfokus pada penyediaan pengalaman unik sebagai pembeda dan hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan, kami sangat antusias bermitra dengan operator telekomunikasi terkemuka lainnya di wilayah ini melalui Aliansi Hadiah untuk meningkatkan pengalaman bepergian pelanggan, jauh melampaui hanya konektivitas. Melalui program ini, kami akan dapat memberikan manfaat, pengalaman, dan penawaran eksklusif lintas batas kepada pelanggan kami ketika mereka bepergian ke destinasi mitra. Dengan program ini, kami dapat memastikan bahwa ketika kaum muda bepergian dengan GOMO PH, mereka akan mengalami petualangan yang tak terlupakan!”

Monita Leung, CEO Digital Ventures HKT, mengatakan, “Didukung oleh portofolio bisnis yang beragam dari HKT, platform loyalitas kami, The Club, terus memperluas produk dan layanannya dengan penawaran perjalanan dan gaya hidup, bersama dengan pengalaman unik seperti pra-tayang dan pemesanan konser prioritas. Melalui kerja sama ini, kami senang dapat memperluas hak istimewa ini kepada pelancong dari Aliansi yang mengunjungi Hong Kong, memperkaya pengalaman perjalanan lokal mereka. Selain itu, pelanggan HKT dapat menikmati kenyamanan perjalanan yang mulus dan memanfaatkan penawaran khusus lintas batas yang menarik ketika bepergian ke destinasi dalam Aliansi.”

Matt Williams, Managing Director Customer Solutions Optus, mengatakan, “Kami sangat senang menjadi bagian dari peluncuran program hadiah perjalanan yang berpionir ini, yang mewakili komitmen kami untuk meningkatkan kehidupan pelanggan Optus yang kami hargai. Kami tahu bahwa orang Australia menyukai bepergian ke luar negeri, dan bahwa orang-orang suka bepergian ke Australia – dengan sekitar 20 juta total pelancong setiap tahun. Program ini adalah cara inovatif bagi kami untuk memberikan pengalaman yang menarik dalam aliansi mitra kami yang mencakup enam destinasi lainnya, menunjukkan kekuatan menjadi bagian dari Grup Singtel. Kami sangat menantikan untuk membawa program ini kepada pelanggan kami segera dan mengundang mereka untuk bergabung dengan kami dalam pengalaman unik ini.”

Jamie Lin, Presiden Taiwan Mobile, mengatakan, “Bayangkan menelusuri oleh-oleh Taiwan autentik saat menunggu penerbangan Anda, semua menggunakan poin loyalitas Anda! Itulah inovasi yang menarik yang kami bawa kepada para pelancong melalui Aliansi Hadiah Telekomunikasi. Dalam kemitraan dengan pengecer online terkemuka dan agen perjalanan terpercaya, kami sedang membuat ‘Taiwan Delights Pavilion’ yang disusun dengan baik di mana Anda dapat menebus poin untuk temuan lokal yang unik, mulai dari teh buatan tangan hingga gadget teknologi yang eksklusif. Jutaan pelancong di seluruh jaringan operator telekomunikasi mitra Aliansi dapat dengan mudah mengakses paket data lokal, transfer bandara yang nyaman, dan pengalaman yang tak terlupakan, semua dengan beberapa ketukan di ponsel Anda. Inisiatif ini akan merevolusi kenyamanan dan penyesuaian perjalanan bagi pelanggan kami. Bergabunglah dengan kami dan temukan keajaiban Taiwan, satu hadiah kenikmatan per waktu!”

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng menyatakan, “Setelah pandemi, terjadi lonjakan yang signifikan dalam jumlah pemuda Indonesia yang berwisata ke luar negeri, didorong oleh tiket pesawat yang lebih terjangkau dan kebijakan Visa yang lebih longgar. Sebagai komitmen Telkomsel dalam menciptakan terobosan dan melampaui ekspektasi pelanggan, kami memperkenalkan program hadiah telko lintas batas yang pertama di dunia. Inisiatif ini bertujuan untuk memperkaya pengalaman bepergian internasional pelanggan dengan menawarkan manfaat yang lebih unggul dan kesempatan untuk merasakan pengalaman lokal yang unik, atau ‘roam like local’. Dengan menghadirkan nilai tambah kepada para pelanggan mitra telekomunikasi regional, kami berharap program hadiah telko ini dapat melengkapi jenama telekomunikasi digital kami, by.U, yang dirancang khusus untuk anak muda dengan harga yang kompetitif dan pengalaman jaringan yang seamless.”

Program hadiah telko regional ini merupakan tambahan terbaru untuk rangkaian penawaran Telkomsel bagi para pelancong.

Saat ini, Telkomsel melalui by.U, produk telko digitalnya, telah menawarkan konektivitas roaming bagi warga Indonesia yang bepergian ke Singapura, Thailand, dan Filipina.

Melalui program ini, Telkomsel semakin memperkaya pengalaman ‘roam like local’ bagi pelanggan by.U dengan memberikan akses kepada lebih banyak hadiah dan penawaran ketika mereka berada di luar negeri.

Selain itu, para merchant di Indonesia yang telah bermitra dengan Telkomsel pun dapat memperoleh manfaat dari basis pelanggan yang diperluas melalui program ini dan sinerginya dengan byUnefit, benefit tambahan bagi pelanggan by.U berupa ekstra kuota data dan voucher belanja di merchant, sesuai level yang dicapai berdasarkan jumlah uCoin yang terkumpul setiap pembelian paket data dan setiap periode waktu tertentu.

Informasi lebih lanjut tentang byUnefit dan uCoin dapat diakses melalui byu.id/v2/byunefit.

Caleg Ditipu Dukun Palsu, Duit Rp300 Juta Ludes Dipakai Dukun Untuk Foya-foya, Bikin Ritual Palsu

Caleg ditipu dukun palsu, duit Rp300 juta ludes dipakai dukun untuk foya-foya.

Untuk meyakinkan korban, dukun ini pun membuat ritual palsu.

Seorang caleg bernama Nur Hikmah menjadi korban dukun pengganda uang.

Niat hati uang kampanye Rp 300 juta digandakan ke dukun, caleg Nur Hikmah malah menemui apes.

Bagaimana tidak, uang kampanye Rp 300 juta milik caleg di Kabupaten Pekalongan ini malah dipakai untuk foya-foya.

Diketahui caleg Nur Hikmah ditipu mentah-mentah oleh Gus Abin (35) warga Brebes dibantu oleh Sukriyanto (58) warga Jember, Jawa Timur.

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi mengatakan, awalnya korban dikenalkan oleh temannya kepada tersangka.

Informasinya, tersangka Gus Abin bisa menggandakan uang serta menambah suara. Sebab, saat itu korban juga sangat butuh suara banyak dalam pencalegannya.

“Kejadian ini terjadi pada hari Kamis, (8/2/2024).

Yang mana, si korban ini dikenalkan oleh teman korban kepada pelaku.

Setelah perkenalan terjadi akhirnya ditentukan tempat, waktu, untuk mengadakan ritual penggandaan uang dan informasinya bisa untuk menambah suara caleg,” kata Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi kepada Tribunjateng.com, usai press release di halaman Mapolres setempat, Rabu (21/2/2024).

Kemudian, ketika ritual berlangsung tersangka ini meminta korban untuk menyediakan uang Rp 300 juta dan dimasukkan ke dalam tasnya.

“Ritual dilakukan di kediaman korban, di kamar.

Korban dan tersangka mengadakan ritual.”

“Besaran dana yang disiapkan oleh korban sebesar Rp 300 juta yang nantinya akan menjadi Rp 3 miliar,” imbuhnya.

Setelah kegiatan ritual selesai, korban bersama dengan temannya, keluar untuk makan.

Namun setelah dirasa situasi aman, pelaku ini berpamitan dengan suami korban untuk membeli pulsa, dan sempat meminjam motor korban.

“Dalam ritualnya, tersangka menyediakan buah pinang, garam gosok, kemudian tisu, dan air mineral,” ucapnya.

AKBP Wahyu mengungkapkan, sementara itu korban yang baru keluar rumah, pulang dan masuk ke kamar yang digunakan untuk ritual penggandaan uang.

Akan tetapi, pelaku tidak berada di tempat dan uang Rp 300 juta yang akan digandakan ikut raib.

“Kemudian dicari dicari, akhirnya motor sempat ditemukan di daerah Pekajangan, ditinggal di jalan oleh pelaku.

Lalu, pelaku sendiri kita bisa berhasil diamankan di daerah Tangerang,” ungkapnya.

Dari hasil kejahatannya, tersangka menggunakan uang Rp 300 juta membeli sebidang tanah, lalu digunakan untuk berfoya foya dan membayar hutang.

Masih ada sisa Rp 23 juta yang masih ada pada pelaku, dan sekarang dijadikan sebagai barang bukti.

“Kedua tersangka ini dijerat dengan pasal 378 juncto 556, ancaman hukuman empat tahun,” tambahnya.

Sementara itu, Robiin alias Gus Abin (35) mengaku mengenal korban dari temannya.

Ia melakukan perbuatan itu sekitar sudah dua tahun.

“Sebelum melakukan perbuatan ini, saya bekerja sebagai penjual buah durian,” katanya.

Kemudian, cara bisa kabur dan membawa uang tersebut ia meminta izin keluar untuk beli pulsa sama suami korban, dan disitulah suami korban tidak kepikiran dan curiga.’

Bahkan saat mengambil tas di depannya suami korban sangat baik.

“Mungkin sudah tersugesti kali ya.. tersugesti dengan hasilnya.

Sama sekali tidak curiga mereka, sampai minjem motor, dan keluar pun tidak curiga,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan, kalau tidak bisa menggandakan uang.

Berdasarkan https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdprd_kab/hitung-suara/dapil/33/3326/332604, pada tanggal 21 Februari 2024, pukul 12.00 WIB, progres perolehan suara Nur Hikmah dari 602 TPS baru mendapatkan suara 110 suara.

ANIES Dukung Usulan Ganjar Agar Hak Angket dan Hak Interpelasi DPR Digulirkan, Ini Tanggapan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi capres 03 Ganjar Pranowo yang mengusulkan agar hak angket dan hak interplasi DPR digulirkan untuk menyelidiki dugaan kecurangan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ganjar meminta dua partai pengusungnya di DPR RI, yakni PDI-P dan PPP untuk menggunakan hak angket mereka.

Apa itu hak angket? Hak angket ialah hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap pelaksanaan suatu undang-undang/kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan hal penting, strategis, dan berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Ganjar berpandangan kecurangan Pemilu 2024 sudah dilakukan secara terang-terangan.

“Dalam hal ini, DPR dapat memanggil pejabat negara yang mengetahui praktik kecurangan tersebut, termasuk meminta pertanggungjawaban KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) selaku penyelenggara Pemilu,” kata Ganjar, Senin (19/2/2024).

Bahkan, Ganjar mendorong kubu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar untuk menggunakan hak angket terkait kecurangan Pemilu 2024.

Ganjar menyebutkan, dibutuhkan komunikasi antara kubu pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud untuk memuluskan wacana hak angket ini.

Menurutnya, dengan keterlibatan Nasdem, PKS, PKB, serta PDI-P dan PPP, maka hak angket untuk menyelidiki dugaan kecurangan pemilu dapat digolkan oleh lebih dari 50 persen anggota DPR. Ganjar turut menyiapkan rencana lain jika hak angket DPR tidak gol.

Dia akan mendorong penggunaan hak interpelasi DPR.

“Jika DPR tak siap dengan hak angket, saya mendorong penggunaan hak interpelasi DPR untuk mengkritisi kecurangan pada Pilpres 2024,” ujarnya.

Hak Interpelasi adalah hak DPR untuk meminta keterangan kepada Pemerintah mengenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis serta berdampak luas pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menegaskan, partai koalisi perubahan siap mendukung hak angket yang akan digulirkan untuk penyelidikan kecurangan pemilihan umum.

Tiga partai tersebut yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasdem.

“Kami ketemu dan membahas langkah-langkah dan kami solid karena itu saya sampaikan, ketika insiatif hak angket itu dilakukan maka tiga partai ini siap ikut,” ujarnya, Selasa (20/2/2024).

Anies juga menegaskan, koalisi perubahan solid untuk meneruskan perjuangan yang telah dimulai.

Soliditas itu sempat dibahas secara langsung kepada para ketua umum partai koalisi.

“Kami semua ini solid enggak ada yang berubah, Anies-Muhaimin jalan terus bersama,” tandasnya.

Sayangnya, Ketua Umum Partadi NasDem, Surya Paloh telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Pertemuan keduanya berlangsung selama dua jam di Istana. Namun, tidak diketahui agenda pertemuan kedua tokoh itu.

Surya Paloh merupakan inisiator pasangan capres-cawapres Anies-Muhaimin Iskandar.

Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, hak angket yang diusulkan Ganjar Pranowo merupakan hak demokrasi sehingga tidak apa-apa jika dilakukan.

“Ya itu hak demokrasi, enggak apa-apa kan?” ujar Presiden Jokowi di Ancol, Jakarta Utara.

Saat ditanya lebih lanjut bagaimana tanggapannya apabila nanti hak angket menggagalkan kemenangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Presiden Jokowi tidak memberikan jawaban. Presiden Jokowi langsung bungkam.

Di sisi lain, Plt Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Tito Karnavian mempersilakan partai-partai politik untuk mengajukan hak angket mengusut dugaan kecurangan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Akan tetapi, Tito mengingatkan agar hak angket itu ditempuh sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

“Saya kira ada mekanismenya, untuk hak angket pun ada prosesnya. Itu ide, itu hak dari pada partai politik atau siapapun, tapi kan ada mekanismenya,” kata Tito, Selasa (20/2/2024).

Menteri dalam negeri ini pun mengeklaim bahwa tidak ada kecurangan yang terstrukur, sistematis, dan masif pada pelaksanaan Pemilu 2024.

Menurut dia, sejumlah isu yang menjadi sorotan saat ini hanyalah kekurangan kecil seperti salah input perolehan suara dan rusaknya surat suara.

Tito pun meminta agar kekurangan itu dimaklumi karena pemilu di Indonesia adalah yang terumit di dunia, di mana ratusan juta orang memberikan suaranya dalam satu hari sekaligus.

“Enggak akan mungkin sempurna, ya ada kekurangan sana-sini ya mungkin terjadi, yang penting tidak ada desain terstruktur, sistematis, masif, yang ada mungkin kesalahan-kesalahan input,” ujar dia.

Mantan kapolri ini pun mengimbau masyarakat yang tidak puas dan menganggap ada kecurangan pada pelaksanaan pemilu untuk menempuh jalur yang sudah disediakan.

“Saya menyarankan gunakan mekanisme yang ada. Ada bukti, laporkan Bawaslu, enggak puas Bawaslu ada DKPP, nanti pun ada proses lain MK, Mahkamah Konstitusi, jadi jalur-jalur resmi itu disampaikan,” kata Tito.

Terpisah, Sekretaris Jenderal (Sekjen) sekaligus Ketua Fraksi DPR Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan bahwa usulan hak angket yang didorong oleh Ganjar terkait dugaan kecurangan pemilihan umum (Pemilu) 2024 tidak diperlukan.

Apalagi, menurut Muzani, usulan untuk hak angket DPR tersebut masih sebatas wacana.

“Ya tentu saja ini kan baru wacana, jadi kita baru akan menyampaikan ini ke depan. Tapi saya kira, bagi kami, itu sesuatu yang tidak perlu untuk diajukannya hak angket,” ujar Muzani, Selasa (20/2/2024) malam.

Muzani menjelaskan, pada prinsipnya, mereka menghormati pandangan Ganjar terkait hak angket.

Namun, Muzani mengingatkan bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 dianggap spektakuler oleh dunia.

“Akan tetapi, jika hak angket itu didasarkan kepada dugaan adanya kecurangan pemilu, seluruh dunia memberi apresiasi yang tinggi kepada pelaksanaan demokrasi di Indonesia yang berlangsung pada hari Rabu, 14 Februari 2024, dengan hasil yang dianggap spektakuler,” katanya.

“278 (juta) rakyat Indonesia memberi hak pilihnya, yang memiliki hak pilih tentu saja pada hari itu, dan suasana pemilu dalam keadaan tenang, dalam suasana guyub, kebersamaan. Dan itu diapresiasi oleh para pemimpin dunia dan tokoh-tokoh dunia. Semua menyaksikan bahwa pemilu berlangsung dengan baik, damai, dan seterusnya,” ujar Muzani lagi.

Meski begitu, dia mengakui bahwa kekurangan dalam pelaksanaan pemilu pasti ada dan tidak bisa ditutupi.

Muzani juga mengatakan bahwa suasana Pemilu 2024 jauh lebih baik ketimbang Pemilu 2019.

“Karena itu, kalau hak angket dimaksudkan untuk itu, apa perlu? Karena suasananya juga, suasananya dianggap pemilu itu sekarang kita menuju kepada suasana yang jauh lebih baik,” katanya.

Untuk dapat mengajukannya, para anggota legislatif wajib memenuhi syarat hak angket, yakni:

Hak angket wajib diusulkan minimal 25 anggota DPR dan lebih dari satu fraksi. DPR RI sekarang terdiri dari 580 anggota dan fraksi partai-partai pemenang pemilu pada 2024
Pengusulan hak angket harus disertai dokumen yang memuat setidaknya materi kebijakan dan/atau pelaksanaan UU yang diselidiki dan alasan penyelidikan
Usulan hak angket diterima jika mendapatkan persetujuan dalam rapat paripurna DPR yang dihadiri lebih dari setengah jumlah anggota DPR
Keputusan hak angket diambil dari persetujuan lebih dari setengah jumlah anggota DPR yang hadir dalam sidang paripurna tersebut.
Untuk bisa mengusulkan hak angket ke DPR, pengusul juga perlu menjalani langkah sebagai berikut:

Usulan hak angket disampaikan oleh pengusul kepada pimpinan DPR dan diumumkan kepada semua anggota dalam rapat paripurna
Badan Musyawarah akan menjadwalkan rapat paripurna atas usul hak angket dan memberikan kesempatan pengusul memberikan penjelasan atas usulannya
Pengusul berhak mengubah dan menarik usulan ke pimpinan DPR secara tertulis selama hak angket belum disetujui
Jika jumlah pengusul hak angket tidak mencukupi atau mengundurkan diri, maka harus ada penambahan pengusul atau rapat paripurna ditunda
Jika dalam dua kali persidangan jumlah pengusul tidak memenuhi, usulan hak angket gugur
DPR dapat menerima atau menolak usulan hak angket dalam sidang paripurna dengan menilai usulan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
DPR yang menerima usulan hak angket akan menetapkan panitia angket beranggotakan semua unsur fraksi DPR dan biaya yang dibutuhkan.

Jika usulan hak angket diterima oleh DPR, mereka wajib membentuk panitia angket yang bertugas mendalami hal yang akan diselidiki menggunakan hak angket.

Berikut tugas panitia angket DPR:

Panitia angket bertugas menyelidiki, memanggil serta meminta keterangan dan dokumen dari pemerintah, saksi, pakar, organisasi profesi, dan pihak terkait
Pimpinan DPR dapat meminta bantuan kepolisian untuk membantu panitia angket
Panitia angket melaporkan pelaksanaan tugas dalam rapat paripurna DPR maksimal 60 hari setelah terbentuk
Rapat paripurna DPR lalu akan diadakan untuk mengambil keputusan terhadap laporan panitia angket dan mendengar pendapat akhir para fraksi.
Selain DPR, anggota DPRD juga memiliki hak angket yang ditujukan untuk menyelidiki kebijakan pemerintah provinsi yang diduga bertentangan dengan ketentuan perundang-undangan.